APA LO ENTJ JUGA?

Sebelum jadi maba bahas dulu karakter deh..

Istilah psikologi-nya MBTI atau (Myers Briggs Type Indicator) MBTI adalah sebuah tes yang dirancang untuk mengkategorikan individu berdasarkan bagaimana mereka berpikir dan bertingkah laku. Gue sendiri baru denger sih istilah ini maklum bukan anak psikologi. Beberapa dari kalian mungkin pernah ikut tes ala-ala di internet entah itu hasilnya sesuai atau ngga. Tergantung bagaimana cara kita menyikapi-nya ya, ada yang agree or disagree with the result. MBTI sendiri ditemukan dan dikembangkan oleh Isabel Briggs Myers bersama ibunya Katherine Cook Briggs pada tahun 1940-an sebagai tes yang digunakan pada seleksi pekerjaan (Pittenger, 1993). 

Kalo ada yang mau cek bisa langsung ke https://www.16personalities.com/id/tes-kepribadian gue udah coba buat tes and  voila!  Hasilnya gue punya kepribadian ENTJ

Let's take a look guys how far I am as ENTJ

https://www.16personalities.com/profile


Nah ENTJ itu sebenernya apa sih?

ENTJ akronim dari (Extroverted, Intuition, Thinking, Judging) mari kita bongkar sebenernya ENTJ ada ga sih dalam diri gue sendiri. Yes!! 100% True kalo ENTJ itu sifatnya kebanyakan jadi commanderPeople with this personality type embody the gifts of charisma and confidence and project authority in a way that draws crowds together behind a common goal. Mereka cenderung visioner dan teliti bisa dibilang sangat perfeksionis. Mereka biasanya bakal nyatet semua deadline yang dia punya, bahkan sampe bikin skala prioritasnya sendiri, tidak bisa ditunda, in time, sangat percaya diri, dan faktor yang paling kuat dari ENTJ adalah mereka bisa mempengaruhi orang lain dengan pendapat mereka. Biasanya jadi pemikir, dan sangat menyukai analisis yang dalam. Seorang ENTJ sangat ambisius dan kompetitif. 


Kalo versi diri gue sendiri mungkin ada beberapa poin yang bisa gue ambil dari si ENTJ ini.
  • Nyambung dengan orang yang cocok, ENTJ adalah seorang analis ga heran kalo dia bisa ngobrol lama dan deep talk. Yes, totally true I can talk with you for many hours jangan tanya ngomongin apa yang jelas semua bisa jadi obrolan menarik buat gue, mau ngobrol di kang nasi uduk, kang soto, pokonya di mana aja gue masih nyambung dan terus penasaran sama setiap sudut pandang orang yang lagi ada di depan mata gue. Kapanpun dan dimanapun kalo lo cocok sama gue, pasti lo bakal temuin diri gue yang selalu penasaran, dan selalu pengen tau kalo dari sisi lo apa sih yang lo liat? simple but I like it so much. Gue selalu jatuh cinta sama isi kepala seseorang, yang bisa menilai sesuatu dari banyak sisi, suka berpikir dan menganalisis keadaan lingkungan-nya. Karakter ENTJ yang sangat goal oriented ini bikin dia selalu cari orang-orang yang punya passion dan motivasi untuk belajar, bisa diajak diskusi dengan hal-hal yang mendalam. Meskipun keliatannya kaku, but once you try you will get addicted. 
  • Dominan, ambisius, workaholic, ekspresif, tolak ukur seorang ENTJ sebagai "pemimpin" bukan berdasarkan pemikiran orang lain, tapi berdasarkan pemikirannya sendiri. Dia rela melakukan hal apapun ketika kerja kelompok bahkan cenderung memberikan 100% apa yang dia mampu untuk kelompoknya agar siap dan menarik perhatian orang. Tidak segan ENTJ akan membantu apapun dengan sepenuh hati. Berhadapan dengan ENTJ sang pemikir mungkin membosankan dan terkesan bossy untuk beberapa orang, ini alasan mengapa faktor "T"  atau Thinking buat gue sangat penting daripada faktor "F" atau Feeling karena dalam kacamata gue semua yang gue liat harus rasional dan bisa dipertanggung jawabkan. Workaholic? yes I am. Tugasnya masih seminggu lagi padahal, tapi bisa gue submit malem itu juga atau paling lambat 2 hari kemudian someone said "udah gila lo ya demen banget sama tugas". Gue ajah ngerasa aneh ko bisa cinta banget buat tau hal baru, karena menurut gue dengan menyelesaikan tugas kita bisa dapet wawasan secara ga langsung, because of searching for an information you can read journal, listening podcast, ask your lecturer, watch Youtube and so many things. 
  • Pencapaian, pengambil keputusan, percaya diri, main mata, ENTJ kalo punya mimpi dia bakal mati-matian buat kejar dan bikin itu jadi nyata. Semuanya gue yakinkan, yakin kalo gue bisa mencapai tujuan gue. Ga salah gue selalu bikin list tujuan apa yang pengen gue capai in a month, year, and life. ENTJ dapat berberpikir secara strategis, visioner, dan bisa menjaga fokus jangka panjang sambil nyicil setiap langkah menuju mimpi dengan tekad dan percaya diri yang kuat. Gue percaya mimpi adalah sesuatu yang harus di visualisasikan. Ada satu kutipan Theodore Rooselvet yang selalu gue inget “Be practical as well as generous in your ideals. Keep your eyes on the stars, but remember to keep your feet on the ground.” Sama kaya kita punya mimpi terus tatap mimpi itu and keep going no matter what, you are what you think. Sisi Judgement atau memutuskan pada ENTJ sangat besar maka dari itu ENTJ dapat mengambil keputusan dengan cepat namun berdasarkan logika yang telah dipikirkan secara matang. Ga jarang juga orang bilang si ENTJ sebagai seorang yang arogan/sombong. Padahal, keputusan yang diambil untuk kebaikan bersama. Kalo ada tantangan buat presentasi gue selalu pengen totalitas dan ngerti tentang materi yang bakal gue sampein. That's why ENTJ is ambitious and perfectionist. Last, ENTJ paling banyak pake "mata" kalo dia ngga cocok sama sesuatu, dia bakal memicingkan mata. Pas mengintimidasi, dia bakal melirik sampe lo ngomong jujur. Pas otaknya lagi ke mana-mana, matanya masih sempet nunjukin karisma ke orang yang lagi liat dia. Fun fact, maybe ENTJ can read your mind lol. 

Last

Percaya ga percaya orang dengan kepribadian ENTJ hanya dimiliki oleh dua persen orang di dunia dan kebanyakan adalah laki-laki (idntimes.com). Semua kepribadian punya sisi positif dan negatif-nya masing-masing. Hasil tes ini mungkin memang kurang kredibilitas-nya, believe or not it depends on you as a reader. Karena, masih banyak sumber yang lebih valid lagi, then I am not an expert at this one hehe. Dari sisi ENTJ sendiri mereka sering dianggap arogan/sombong, bossy, kaku, terlalu dominan, terlalu tegas, ga punya perasaan and so on. ENTJ bisa jadi boomerang buat dirinya sendiri. Semua yang gue tulis di sini semoga bisa jadi sebuah refleksi diri dan langkah menuju suatu perbaikan untuk diri gue sendiri khusus-nya. So, this is only my point of view, not by professional. Hakikatnya manusia adalah makhluk yang terus berpikir dan berproses, terus mengolah informasi dan akhirnya menciptakan karakter untuk diri mereka sendiri. Because knowledge is never ending for me, proses belajar bisa di mana aja dan kapan aja, there is no limit for us. Jangan lupa belajar hari ini!! 

See you in my next story.

"Do what you can, with what you have, where you are." 
-Theodore Roosevelt






Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

MORE THAN A MELODY

MY FAVORITE PERSON ON FRIDAY

MY EAT, PRAY, LOVE PERSON