KITA BUTUH SATU

DOZENS OF PEOPLE COMES BUT ONLY A FEW WILL STAY

Akhirnya gue nulis lagi, ide nulis ini hadir setelah gue makan satu piring kwetiau abis ujan deres, sepatu kuyup, badan cape, pikiran gatau di mana. Sehabis scroll timeline Twitter. Nulis ini jadi satu comfort zone buat gue, selain dengerin playlist yg itu-itu aja dan lagu yg terus terusan gue puter sebulan belakangan. Merasa ga berguna buat orang lain? pernah. Merasa menyakiti orang lain? pernah. Merasa bersalah karena gabisa bantu apa-apa? pernah. Nangis tersendu-sendu tengah malem? pernah. Kebingungan, kehilangan, keresahan, kebodohan, kesalahan, ketidakpastian, kekeliruan, semua itu adalah hal-hal jelek gue di awal Februari ini. (7/2/21)

My biggest comfort zone, still hangin' there and it made me blind. Blind for everyone, constantly makes stupidity. And lost, then crying, then hurting. I mean I was hurting myself instead because of my own anxiety and worrying something too much. Gue lanjut lagi nerusin draf ini ya hari ini tanggal 19 Februari, jam 5 sore ditemenin sama mama yg lagi makan semangkok mie ayam. Akhir-akhir ini banyak cerita yg ga gue publish di media sosial, seperti biasa Lulu doesn't suited with something called Instagram, she chooses to be silent and enjoy the moment right away. She likes to tell the story directly, in her trip sometimes she checks her phone just to make sure that she is doin' okay with her business. Selalu ada waktu yang tepat buat gue cerita momen yg udah gue lewatin, terlebih lagi dua minggu kemarin gue lagi sibuk bgt ngurusin tempat magang buat 3 bulan ke depan. Lewatin banyak fase naik turun di awal semester 6 ini. Kayanya basi banget kalo gue cerita part sedih nya aja di blog ini, so kali ini gue mau share sesuatu yang bikin gue bersyukur dan sadar bahwa sekalipun dalam keadaan terburuk kita, di sana masih banyak hal-hal yang bisa kita syukurin. Buat sadar dan bersyukur, kita sebenernya cuma harus liat keadaan lampau pelan-pelan. 


Gue pernah baca satu buku yang judulnya "The Things You Can See Only When You Slow Down" Haemin Sunim bilang, "The more grateful we feel, the happier we become. This is because gratitude helps us realize we are all connected." Setelah gue liat lagi beberapa runtutan kejadian yang udah lewat ternyata bener gue cuman kurang sadar sama apa yang gue punya, gue terlalu fokus sama sesuatu yang pernah gue tinggalin. Padahal dengan beryukur kita bisa terhubung sama kebahagiaan lainnya.

Bikin surat buat permohonan magang adalah hal pertama yg bikin gue kesel, selain prosesnya lama ternyata respon dari fakultas juga lama. Padahal the truth is yaaaa mbok to yo emang kamu doang mba yg bikin surat permohonan magang, masih banyak urusan yang harus akademik selesein Lu... lo harus bisa lebih sabar lagi kita ga pernah tau gimana mereka selesain kerjaan, bisa aja sampe larut malem kan. Email yang ga kunjung dibales sama perusahaan, dan bikin gue sedikit was-was karena takut ga dapet tempat magang. Overall after meet the storms and huge waves finally I got the letter from the company. Alhamdulillah.. buah sabar emang manis banget ya, tapi proses sabarnya selalu kita sepelein.

Semester 6 apa ya kesannya? Maret nanti udah mulai magang nih tanggal 1 dan ga disangka dapet rezeqi juga di tempat yg sama, another alhamdulillah and thankful because all is well even in the worst time. Cerita perjuangan nyari tempat magang ini bakal gue inget selalu, karena ini adalah salah satu dari sekian momen berharga yg gue lewatin bareng sama orang yg berharga juga. Bikin proposal magang yg sebelumnya belom pernah gue bikin, dan gue edit di h- sekian jam sebelum pergi ke Kantor-nya. Bisa-bisanya edit foto buat feeds IG disaat proposalan, itu kerjaan siapa ya astaga.. Gapapa justru itu yg bikin momen ini makin gampang buat gue inget. Katanya si rezeqi solat magrib, karena persis abis solat magrib hp kita barengan bunyi dan taraaaaa announcement dari company yg dituju. Gue gabakal lupa selebar apa senyum itu, senyum yg belum gue liat lagi setelah sekian lama. Lo tau ga sih itu kaya kembali hidup dan dapet udara baru. Ga habis-habisnya gue bersyukur buat semua hal yg udah gue lewatin. Inget ya kita harus bisa terus jalan, apapun keadannya apapun resikonya, apapun yg orang lain bilang tentang diri kita. Gue rasa buat sekarang fokus kita bukan disitu. Tapi fokus kita adalah buat buktiin kalo apa yg kita ambil apa yg kita jalanin adalah sesuatu yg harusnya kita aja yg tau. Orang lain ga perlu tau sejauh apa langkah kita, karena orang kadang cuman pengen tau aja bukan peduli.

Do'a orang-orang baik selalu ada, dan mereka masih ada buat kita. Gue gamau jadi orang yang buta akan baiknya orang lain cuman karena satu kesalahan yang dia buat. Bukannya masih ada banyak hal baik yang bisa kita inget daripada hal buruk? Tahun ini semoga jadi tahun yang lebih baik lagi buat gue, dan kita semua. Semoga makin banyak mimpi yang bisa tumbuh dan kita bisa jadi manusia yang berproses. Buat siapapun di luar sana dan lagi ngerasain kalo dunia itu ga adil buat lo, tetep inget selalu kalo yg di atas ga pernah nutup pintu buat hamba-Nya. Dalam keadaan apapun kita selalu bakal ada orang yang bakal nerima kita apa adanya, baik ataupun buruk, naik ataupun turun. Menurut gue itu adalah satu nikmat dari yg di atas buat kita, tempo hari gue ngobrol tentang "Syukur" ga lama sih ngobrolnya it takes only maybe 30 minutes.

Dari obrolan itu yang bisa gue simpulin adalah, rezeqi itu bentuknya bukan cuman uang. Banyak banget bentuk rezeqi misalnya sahabat lo, ngobrol sama orang tua lo sambil lepas penat sore-sore, bisa makan bareng orang yg lo sayang, masih dikasih kesempatan buat ngerasaian hari baru, and so on. Saran gue dari sekarang mending enjoy moment deh, kalo lagi ngobrol sama orang atau lagi kumpul jangan cuma pasang telinga kita, tapi taro juga jiwa sama pikiran kita di sana. Gue tau jadi pendengar yg baik itu mahal. Tapi, alangkah baiknya kalo kita bisa naro semuanya di tempat. Maksud gue, kalo lagi ngobrol just keep your body, your mind, your soul, and everything all out there. We don't need dozens people to share and listen to our story, we only need one person that keeping us to breathe and believing us for everything. Yea, because many people comes, but only a few will stay. Which one you trust the most?

Akhir kata dari gue, yaelahhhh kaya pidato aja ni hahaha
Ini udahan ya nulisin suka duka semester 6 soalnya baru mulai :) malahan belom mulai sama sekali tapi nanti lo bakal rasain juga perjuangan di semester ini kaya gimana, pokonya make sure just please make sure that you have someone to hold you. Karena magang, bikin tugas akhir, revisian, revisian, revisian, revisian, sidang, sampe akhirnya wisudaaa lo butuh partner buat semua itu. Chill, kalo kata teteh gue nikmatin aja prosesnya ceunah :)

Guys!! Sebenernya gue masih ada satu jurnal yg belom gue tulis di blog ini, karena gue gamau bentuknya online but let's see gue punya apa nanti semoga ga mengecewakan yaaa. Nulis itu bukan keahlian gue sebenernya cuman gue suka aja kalo nuangin apa yg gue rasa, suka aja bikin surat-surat gitu buat orang, ga semua orang dapet surat gue tapi :) jangan bosen ya kalo gue kasih lo surat terus bahkan ada beberapa surat yg ga gue kasih karena gue ga pede ngasih-nya, masih takut kalo gue dibilang lebay, yaaa 2021 mana ada sih yg masih nulis surat padahal kan udah ada apps chat gitu lho. Habis semester ini selesai semoga plan gue bisa terwujud.. semoga kita semua dimudahkan.. aamiin terakhir gue mau kasih quotes dari Bapak Haemin Sunim, buku bapaknya bagus banget :')


Jangan hidup berdasarkan keinginan orang lain, hidup kita juga bukan buat kasih kepuasan sama orang lain. Tapi kita hidup buat menuhin apa keinginan kita.

“Some say they don’t really know what they are looking for in life. This might be because, instead of getting in touch with how they feel, they have led their lives according to other people’s expectations. Live your life not to satisfy others, but to fulfill what your heart desires.”

- Things You Can See Only When You Slow Down (Haemin Sunim)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

MORE THAN A MELODY

MY FAVORITE PERSON ON FRIDAY

MY EAT, PRAY, LOVE PERSON